Senin, 05 Oktober 2015

Filled Under:

Tegangan dan Cara kerja Inverter

Tegangan dan cara kerja Inverter

30 September 2015 07:09




Dalam dua tahun terakhir, potensi permintaan tinggi-tegangan inverter di industri semen dieksploitasi secara bertahap. Pada tahun 2007, industri semen menjadi banyak produsen fokus. Permintaan untuk inverter tegangan tinggi bernilai sekitar RMB 364 jutaan, terutama digunakan untuk retrofit dari peralatan tua.

Dalam perkembangannya di pasaran juga beredar modified sine wave inverter yang merupakan kombinasi antara square wave dan sine wave. Bentuk gelombangnya bila dilihat melalui oscilloscope berbentuk sinus dengan ada garis putus-putus di antara sumbu y=0 dan grafik sinusnya. Perangkat yang menggunakan kumparan masih bisa beroperasi dengan modified sine wave inverter, hanya saja kurang maksimal.

Selain itu dikenal juga istilah Grid Tie Inverter yang merupakan special inverter yang biasanya digunakan dalam sistem energi listrik terbarukan, yang mengubah arus listrik DC menjadi AC yang kemudian diumpankan ke jaringan listrik yang sudah ada.Inverter juga dikenal sebagai synchronous inverter dan perangkat ini tidak dapat berdiri sendiri, apalagi bila jaringan tenaga listriknya tidak tersedia.Dengan adanya grid tie inverter kelebihan KWh yang diperoleh dari sistem PLTS ini bisa disalurkan kembali ke jaringan listrik PLN untuk dinikmati bersama dan sebagai penggantinya besarnya KWh yang disuplai harus dibayar PLN ke penyedia PLTS, tentunya dengan tarif yang telah disepakati sebelumnya.

Prinsip kerja inverter yang sedehana adalah:


Tegangan yang masuk dari jala jala 50 Hz dialirkan ke board Rectifier/ penyearah DC, dan ditampung ke bank capacitor. Jadi dari AC di jadikan DC.Tegangan DC kemudian diumpankan ke board inverter untuk dijadikan AC kembali dengan frekuensi sesuai kebutuhan. Jadi dari DC ke AC yang komponen utamanya adalah Semiconduktor aktif seperti IGBT. Dengan menggunakan frekuensi carrier (bisa sampai 20 kHz), tegangan DC dicacah dan dimodulasi sehingga keluar tegangan dan frekuensi yang diinginkan.

Untuk mengatasi tripnya inverter dalam kondisi ini diperlukan resistor brake. Resistor brake akan membuang tegangan yang lebih dalam bentuk panas. Besar kecilnya resistor brake ini sangat tergantung dengan beban dan kinerja inverter Kegunaannya sebagai Power Supply Alat Elektronik di mobil atau di rumah.Pasang semua alat elektronik, charge HP, Laptop, Printer, Dvd/Tv Portable, I Pod/ I Phone, dsbPower Inverter DC AC cocok untuk menghadirkan listrik AC pada Mobil anda, bisa digunakan untuk laptop, TV, lemari es, playstation, XBox yang ditempatkan pada mobil anda.Dapat digunakan dimana saja, baik di mobil maupun di rumah ketika mengalami pemadaman listrik berkala.Alat ini dapat mengubah arus DC pada accu menjadi arus listrik AC yang biasa dihasilkan oleh PLN.

Dapat di gunakan pada berbagai macam jenis paralatan elektronika mulai dari laptop, komputer, TV, mesin fax, PlayStation, dan juga dapat di gunakan untuk sebagai back up energy bila terjadi pemadaman di suatu daerah oleh PLN. Atau gunakan untuk di mobilMCB digunakan sebagai saklar utama 3 bahasa penghubung suplay listrik dengan motor untuk keperluan sederhana tanpa beban, MCB bisa saja digunakan sebagai saklar utama untuk motor 3 phasa. Hanya saja rangkaian MCB ini dioperasikan secara manual tanpa listrik. Artinya hanya dengan tangan anda untuk operasi ON dan OFF.

http://www.automationindo.com/article/294/tegangan-dan-cara-kerja-inverter#.VhMt_uztmko

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted Business sites:

  • Copyright © AUTOMATIONINDO™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.