Kamis, 10 Desember 2015

Filled Under:

Kelebihan PLC

Dalam industri – industri yang ada sekarang ini,kehadiran PLC    sangat dibutuhkan terutama untuk menggantikan sistem wiring atau pengkabelan yang sebelumnya masih digunakan dalam mengendalikan suatu sistem.Dengan menggunakan PLC akan diperoleh banyak keuntungan di antaranya adalah sebagai berikut : 
 
 1. Fleksibel
       Pada masa lalu,tiap perangkat elekronik yang berbeda di kendalikan dengan pengendalinya masing – masing.Misal sepuluh mesin membutuhkan sepuluh pengendali.Tetapi kini hanya dengan satu PLC  ke sepuluh mesin tersebut dapat di jalankan dengan programnya masing – masing. 
 
2. Perubahan dan pengkoreksian kesalahan sistem lebih mudah bila salah satu sistem akan diubah atau di koreksi maka pengubahannya hanya dilakukan pada program yang terdapat di komputer,dalam waktu yang relatif singkat,setelah itu di downloand ke PLC-nya.Apabila tidak menggunakan PLC,misalnya relay maka perubahannya dilakukan dengan cara mengubah pengkabelannya.Cara ini tentunya memakan waktu yang lama.
 
3. Jumlah kontak yang banyak
      Jumlah kontak yang dimiliki oleh PLC pada masing – masing coil lebih banyak dari pada kontak yang dimiliki oleh sebuah relay.
 
4. Harganya lebih murah 
     PLC mampu menyederhanakan banyak pengkabelan dibandingkan dengan sebuah relay.Maka harga dari sebuah PLC lebih murah dibandingkan dengan harga beberapa buah relay yang mampu melakukan pengkabelan dengan jumlah yang sama dengan sebuah PLC.PLC mencakup relay,timers,counters,sequencers,dan berbagai fungsi lainnya.
 
5. Kecepatan operasi  
       Kecepatan operasi PLC lebih cepat dibandingkan dengan relay.Kecepatan PLC ditentukan dengan waktu scannya dalam satuan milisecond.
 
6. Sifatnya tahan uji 
      Solid state device lebih tahan uji dibandingkan dengan relay dan timers mekanik atau elektrik.PLC merupakan solid state device sehingga bersifat lebih tahan uji.
 
7. Menyederhanakan komponen – komponen sistem control
      Dalam PLC juga terdapat counter,relay dan komponen – komponen lainnya,sehingga tidak membutuhkan komponen – komponen tersebut sebagai tambahan.penggunaan relay membutuhkan counter,timer atau pun komponen – komponen lainnya sebagai peralatan tambahan.
 
 

Sumber : http://www.automationindo.com/article/284/kelebihan-plc#.Vmo8PXYrK00

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted Business sites:

  • Copyright © AUTOMATIONINDO™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.